Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet


 

Sebagian besar masyarakat memilih mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan mobil matic menawarkan berbagai keunggulan misalnya, proses belajar mengendarai akan lebih praktis dan cepat. Kehadiran mobil matic mampu mencuri perhatian para pecinta mobil. 


Namun, meski memiliki beberapa keunggulan, mobil matic juga memiliki kelemahan seperti biaya perawatan  bengkel yang cukup mahal. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki mobil matic sangat disarankan untuk melakukan perawatan mobil agar kondisi tetap prima serta menghemat pengeluaran. 

Cara Merawat Mobil Matic

Berikut beberapa cara merawat mobil matic  yang bisa Anda lakukan untuk mobil kesayangan

1. Panaskan Mobil

Cara merawat mobil matic yang pertama adalah dengan memanaskan mesin mobil sebelum digunakan. Hal ini merupakan cara paling sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Memanaskan mobil sebelum digunakan berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap terawat. Selain itu, dengan memanaskan mobil maka oli bisa menyebar secara merata pada komponen mesin. Pastikan Anda memanaskan mobil di tempat yang terbuka. Proses memanaskan mobil tidak perlu terlalu lama, cukup 5-10 menit sebelum mobil digunakan. Hal tersebut akan membuat kondisi mobil matic tetap prima. 

2. Ganti Oli Secara Berkala

Cara merawat mobil matic kedua adalah dengan mengganti oli secara berkala. Penggantian oli sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya gesekan yang terjadi pada komponen mesin mobil. Selain itu penggantian oli juga efektif untuk membersihkan kotoran yang mungkin masuk ke dalam mesin.

 

Anda bisa melakukan penggantian oli secara berkala sesuai dengan jarak tempuh yang sudah dilalui mobil. Umumnya oli akan diganti saat mobil matic sudah menempuh jarak sekitar 15.000 Km. Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jarak jauh, tentunya akan lebih sering melakukan pergantian oli demi menjaga performa mobil agar tetap prima. Ganti oli sesuai dengan tipe dan jenis mobil Anda, serta lakukan penggantian oli mobil di bengkel kepercayaan Anda.

3. Cek Kondisi Transmisi Mobil

Cara merawat mobil matic selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada transmisi mobil. Anda harus mengetahui riwayat mobil secara keseluruhan. Agar kondisi transmisi mobil Anda tetap terjaga maka Anda bisa mengganti oli transmisi secara teratur. Penggantian oli tidak hanya pada bagian mesin, namun oli transmisi juga membutuhkan perawatan. Gunakan oli transmisi yang berkualitas agar performa mobil matic bisa lebih optimal.


Selain itu, Anda bisa menggunakan persneling dengan tepat sesuai dengan fungsinya. Perlu diketahui mobil matic memiliki tuas transmisi yang memudahkan penggunanya, namun setiap tuas transmisi memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika tuas persneling digunakan tidak sesuai dengan fungsi yang seharusnya, maka bisa menyebabkan kerusakan pada bagian gearbox.

4. Servis Mobil Secara Rutin 

Servis mobil secara rutin termasuk salah satu cara merawat mobil matic. Servis mobil bertujuan untuk menjaga performa mobil matic agar tetap prima saat digunakan. Selain itu dengan rutin melakukan servis mobil maka mesin akan lebih awet meski telah menempuh perjalanan jarak jauh. Usia pemakaian mobil juga akan lebih lama, karena mesin dan komponen lainnya sering dilakukan pengecekan. 

5. Lakukan Uji Jalan

Cara merawat mobil matic lainnya adalah dengan melakukan uji jalan pada mobil. Mobil matic sebaiknya digunakan untuk aktivitas harian. Namun, jika mobil sudah lama tidak digunakan maka Anda harus melakukan uji jalan atau mengendarainya. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah kondisi mesin dan komponen lain pada mobil baik-baik saja, atau ada perubahan yang signifikan pada mobil. Anda bisa melakukan uji jalan beberapa bulan sekali.

6. Hindari Menginjak Gas Secara Tiba-Tiba

Saat menggunakan mobil matic, hindari menginjak gas secara tiba-tiba. Hal ini akan berpengaruh pada kondisi mobil dan bisa menyebabkan kerusakan. Saat kita menginjak gas terlalu dalam maka akan terjadi perubahan converter toris yang tidak sempurna sehingga menyebabkan katup mobil matic rusak. Mobil matic memang didesain khusus untuk berkendara secara santai dan tidak terlalu agresif. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa menginjak gas secara perlahan dari posisi berhenti sehingga  laju mobil bisa terasa lebih halus.

7. Kuras Oli Mesin dan Transmisi Saat Terkena Banjir

Semua kendaraan membutuhkan perawatan yang ekstra saat terkena banjir. Hal ini juga berlaku pada mobil matic, sebab saat mobil matic terkena banjir maka peluang untuk kerusakan seluruh komponen sangat tinggi.


Apabila mobil matic Anda terkena banjir, maka usahakan secara langsung untuk mengeringkan busi, karburator, dinamo starter, V-belt dan saringan angin. Hal yang tidak kalah penting adalah menguras seluruh oli mesin dan transmisi serta langsung menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membawanya ke bengkel ganti oli terdekat Anda.

8. Sayangi Mobil


Cara merawat mobil matic yang terakhir adalah dengan menyayangi mobil seperti Anda menyayangi diri sendiri. Apabila Anda merasakan ada hal yang tidak biasa saat mengendarai mobil, maka jangan ragu untuk segera membawa ke bengkel agar bisa segera diperiksa.



1 komentar untuk "8 Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet"